Senin, 11 April 2016

Kasih Sayang ALLAH di Dunia dan Diakhirat

Kasih Sayang ALLAH di Dunia dan Akhirat



مَنْ عَرَفَ اللهَ بِأَسْمَائِهِ وَصِفَاتِهِ وَأَفْعَالِهِ أَحَبَّهُ لاَمَحَالَةَ 
“Barang siapa yang mengenal Allah melalui nama-nama-Nya, sifat-sifat-Nya, dan perbuatan-perbuatan-Nya, pasti dia akan mencintai-Nya!” (Ibnul Qayyim, Al-Jawabul Kafi) Ada dua …

Ada dua nama Allah yang begitu dekat di telinga kaum muslimin. Ada dua nama Allah yang begitu lekat di lisan kaum mukminin. Ada dua nama Allah yang tertera dalam lafal basmalah. Ada dua nama Allah yang menjadi bagian surat Al-Fatihah. Ada dua nama Allah yang begitu indah. Dua nama itu adalah Ar-Rahman dan Ar-Rahim. kali ini kita akan membahas kasih sayang allah didalam surat Ar-Rahman





الرَّحْمَنُ (١) عَلَّمَ الْقُرْآنَ (٢) خَلَقَ الإنْسَانَ (٣) عَلَّمَهُ الْبَيَانَ (٤)
 



1. Tuhan Yang Maha Pengasih.                                    الرَّحْمَنِ  
2.  Dia mengajarkan Alquran.                                      عَلَّمَ الْقُرْآنَ 
3. Dia menciptakan manusia.                                     خَلَقَ الْإِنسَانَ 
4. Mengajarnya pandai berbicara.                                   عَلَّمَهُ الْبَيَانَ



Ayat 1-2

pada Ayat ini allah yang maha pemurah menyatakan bahwa Dia telahmengajar Muhammad SAW. al-Qur‟an dan Muhammad telah mengajarkanumatnya.
Ayat 1-2 , turun sebagai bantahan bagi penduduk Mekah yangmengatakan : "Sesungguhnya Al Qur`an itu diajarkan oleh seorang manusiakepadanya (Muhammad)

 telah menciptakan manusia.
Padahal bahasa orang yang mereka tuduhkan(bahwa) Muhammad belajar kepadanya bahasa `Ajam, sedang Al Qur`anadalah dalam bahasa Arab yang terang.
Oleh karena isi ayat ini mengungkapkan beberapa nikmat Allah atas hamba- Nya, maka surah ini dimulai dengan menyebut nikmat yang paling besar faedahnya dan paling banyak manfaatnya bagi hamba-Nya, yaitu nikmat mengajar Al- Qur‟an. Maka manusia dengan mengikuti ajaran Al-Qur‟an akan berbahagialah di dunia dan di akhirat dan dengan berpegang teguh pada petunjuk-petunjuk Nya niscaya akan tercapailah tujuan di kedua tempattersebut. Al-Qur‟an adalah induk kitab-kitab samawi yang diturunkan kepadasebaik-baik makhluk Allah yang berada di bumi ini.Dalam ayat ini Allah menyebutkan nikmat kejadian manusia yang menjadidasar semua persoalan dan pokok segala sesuatu.
ayat 3-4
Ayat di atas menyebutkan nikmat -Nya yang lain yaitu penciptaan manusia. Nikmat itu merupakan landasan nikmat-nikmat yang lain. Sesudah Allah menyatakan nikmat mengajarkan al- Qur‟an pada ayat yang lalu, maka pada ayat ini Dia menciptakan jenis makhluk -Nya yang terbaik yaitu manusia dan diajari-Nya pandai mengutarakan apa yang tergores dalam hatinya dan apa yang terpikir dalam otaknya, karena kemampuan  berpikir dan berbicara itulah al-Qur‟an bisa diajarkan kepada umat manusia.. "Barangsiapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya" (man 'arafa nafsahu, faqad 'arafa rabbahu).

 Manusia Dalam Pandangan Islam
  1.       al-insan: manusia sebagai makhluk spritual seperti dalam QS. Adz-Dzariat ayat: 56
وَالاِنسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ  وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ
"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku"
2. an-nas: manusia sebagai makhluk sosial, yang artinya manusia tidak bisa hidup sendiri melainkan saling bergantungan pada manusia yang lain.
    3. Al-basar: manusia sebagai makhluk biologis, yang artinya manusia harus memenuhi hasratnya untuk menghasilkan keturunan.
 
  Jadi dapat disimpulkan Bahwa wujud kasih sayang allah SWT  "Manusia kudu mesti ngejalanin Al-Qur’an". Maka wujud kasih sayang Allah  akan terbentu di di akhirat dan dunia akan mengikuti.

Wassalammualikuuuummmmmm,Wr,Wb..... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar